Powered By Blogger

Jumat, 28 Oktober 2011

HALLYU WAVE di Korea Selatan :)

   Hallyu ( Hangul : 한류 ) dari pelafalan Korea merupakan istilah dari Korean wave, gelombang Korea, atau demam Korea yang diciptakan di Cina pada pertengahan 1999 oleh wartawan Beijing yang terkejut dengan cepat tumbuhnya popularitas Korea Selatan dan barang Korea Selatan di China.
   
        Hallyu wave sendiri berkembang sekitar tahun 2000-an, dimulai dengan populernya drama-drama Korea seperti Winter Sonata, Endless Love, Dae Jang Geum, Full House, dan Princess Hour di Cina, Jepang, dan kawasan Asia Tenggara. Kepopuleran drama-drama korea ini kemudian diikuti dengan populernya berbagai hal dari Korea seperti fashion, model rambut, makanan, bahasa, film, serta musik yang akan kita kenal sebagai k-pop. Hal tersebut membuat Korea menjadi salah satu eksportir budaya selain Jepang dan Amerika Serikat.

Seperti yang kita ketahui demam Korea memang sedang melanda dunia. Dimulai dari Cina, Jepang, dan Asia Tenggara. Kemudian mulai menyebar ke India, Pakistan, kawasan Timur Tengah, dan Asia Tengah. Dan berkat adanya internet, demam Korea ini pun menyebar ke kawasan Amerika Serikat, Kanada, dan Eropa.

Mengenai demam Korea yang rasanya menyebar hampir seluruh dunia, saya percaya karena saya telah membuktikannya sendiri. Saya mengikuti sebuah forum internasional boyband dari Korea, dan dari sana saya mendapatkan teman dari berbagai belahan dunia. Ada yang dari Amerika, Italia, Saudi Arabia, Filiphina, dan banyak lagi. Lihat saja negara kita sebagai contohnya. Saat ini seperti tidak pernah habis membicarakan tentang perkembangan dunia k-drama, k-movie, k-pop dan sebagainya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar